4 Tips Hemat Renovasi Rumah agar Kantong Tak Jebol

Posted by Harga Sabun Saffron Asli on

4 Tips Hemat Renovasi Rumah agar Kantong Tak Jebol

Renovasi rumah menjadi bagian tak terelakkan bagi mayoritas pemilik rumah. Seiring berjalannya waktu, kondisi dan kualitas rumah akan menurun, sehingga perlu ‘didandani’ lagi.

Selain itu, renovasi rumah juga dilakuakn sebagian orang untuk mendapatkan perumahan yang lebih baik dari kondisi sebelumnya. Namun perubahan itu bisa dilakukan jika Anda memiliki biaya yang cukup untuk merenovasi rumah.

Tingginya biaya renovasi rumah terkadang menjadi pengganjal. Nah sebagai solusinya, coba ikuti 4 tips hemat merenovasi rumah dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com:

1. Pertahankan Tata Letak Asli

Cara paling hemat biaya untuk merenovasi adalah mempertahankan tata letak asli rumah. Sebelum Anda membeli rumah, pastikan fondasi dapat mendukung kuat. Berhati-hatilah, mengganti dan membangun kembali fondasi bisa sangat mahal.

Jika Anda benar-benar perlu menata kembali rumah, jangan memindahkan kamar mandi, dapur, dan area lain yang memiliki air mengalir.

Memindahkan pipa ledeng melibatkan pengambilan lapisan dinding dan membuat lubang di lantai, jadi cobalah untuk tetap menggunakan apa yang sudah ada di sana jika memungkinkan.

Dengan nada yang sama, jangan merobohkan dinding apa pun kecuali itu benar-benar tidak dapat dihindari. Lebih mahal untuk menambahkan dinding daripada melepasnya, jika Anda memutuskan untuk memasangnya kembali nanti.

2. Renovasi dengan Bahan Sudah Dimiliki

Anda tidak memerlukan perlengkapan khusus untuk pintu, jendela, dan terutama lemari Anda. Tentunya, barang yang dibuat sesuai pesanan membutuhkan lebih banyak jam pengerjaan daripada ukuran standar, dan dengan demikian akan menimbulkan lebih banyak biaya.

Jauh lebih murah untuk membuat perlengkapan ini yang dirancang dengan ukuran standar kayu lapis biasa atau bahan apa pun yang Anda gunakan. Perlengkapan ukuran standar juga akan cocok dengan mudah ke dalam ruang yang ada.

Sebagai alternatif, Anda mungkin ingin memikirkan untuk menggunakan lemari yang ada dan hanya mengganti pintu dan bagian depan laci.

Dengan meningkatkan struktur yang ada dengan pembagi yang lebih hemat ruang, rak dan baki tarik, Anda bahkan dapat menghemat uang untuk perpanjangan dapur.

Untuk menambahkan cahaya ke kamar mandi atau lorong yang gelap, pertimbangkan tabung atau tabung cahaya.

Biayanya jauh lebih murah daripada memotong lubang pada kelongsong dan mengatur ulang bingkai untuk jendela karena jauh lebih mudah untuk memasangnya.

Cara lain untuk mengurangi tenaga kerja (dan biaya) adalah dengan menggunakan lampu dasar track, dinding, atau langit-langit, bukan fitting tersembunyi, karena Anda tidak perlu membuat lubang di langit-langit dan dinding.

3. Negosiasi

Saat menyewa kontraktor, tanyakan apakah mereka dapat melakukan layanan lain selain yang Anda gunakan untuk mempekerjakan mereka.

Meskipun kontraktor saat ini cenderung mengkhususkan diri pada bidang tertentu, mungkin saja mendapatkan penawaran yang lebih murah untuk dua layanan dari orang yang sama, dibandingkan dengan dua layanan berbeda dari dua orang yang berbeda. Jika Anda memiliki banyak kontraktor, jangan malu untuk berbicara dengan mereka.

4. Beli Bahan Sendiri

Kontraktor cenderung menaikkan harga sedikit jika mereka membeli perlengkapan renovasi yang Anda butuhkan. Agar lebih hemat dan tentunya Anda tahu berapa harga tiap perlengkapan renovasi. Jika Anda memiliki waktu luang, pergilah ke toko bangunan dan ambil sendiri.

Ini sama-sama menguntungkan bagi semua orang karena tidak terlalu merepotkan kontraktor dan mengurangi biaya untuk Anda. Cari di internet lokasi yang terjangkau dan dapat diandalkan untuk membeli bahan dan perlengkapan.

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/4-tips-hemat-renovasi-rumah-agar-kantong-tak-jebol.html

Previous
« Prev Post