Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

Posted by Harga Sabun Saffron Asli on

Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

Sebagian dari kamu mungkin memiliki rumah tua. Rumah tua ini biasanya merupakan peninggalan dari orangtua turun – temurun, atau mungkin sengaja dibeli untuk harga yang lebih murah.

Meski terbilang usang, kamu juga bisa melakukan renovasi rumah tua agar terlihat cantik kembali dan memiliki desain yang lebih modern. Bagaimana caranya? Berikut ini tips renovasi rumah tua yang perlu kamu ketahui.

Renovasi Rumah Tua

Jika rencana renovasi rumah tua nantinya tidak menambah beban tambahan pada rumah maka tidak perlu dibongkar semua, cukup diganti dengan yang rusak, atau penambahan kolom baru pada bagian tertentu sehingga nilai sejarah rumah dapat menjadi kenangan dari orang tua.

Penjelasan lebih lanjut langkah merenovasi rumah tua tersebut kurang lebih seperti ini:

Cek Kondisi Rumah

Cek kondisi rumah, apakah masih cukup kuat untuk bertahan selama beberapa tahun kedepan.

Atur Budget

Cek apakah biaya renovasi yang akan dikeluarkan sebanding dengan ketahanan rumah hasil renovasi nantinya.

Mulai Renovasi

Jika kedua hal tersebut memenuhi persyaratan maka keputusan untuk melakukan renovasi dapat dilakukan, jika tidak maka penggantian dengan rumah baru akan lebih ekonomis.

Tentukan Model Rumah

Jika memutuskan untuk merenovasi maka dapat dibuat perencanaan tentang model rumah yang akan dibangun nantinya.

Pertahankan Nilai Sejarahnya

Rumah tua cenderung memiliki nilai sejarah atau kenangan-kenangan tertentu yang ingin dipertahankan nilai-nilai sejarah tersebut.

Sering kita dengar adanya daerah yang menjadi kota lama untuk mempertahankan nilai-nilai sejarah rumah tua, karena rumah tua bisa dikatakan sebagai aset tak ternilai harganya.

Buat Struktur Rumah

Jika sudah ditentukan bagaimana arah renovasi rumah tua nantinya, maka kita dapat melihat apakah struktur rumah yang lama masih dapat menahan beban-beban tambahan nantinya masih dapat ditanggung oleh struktur rumah yang lama.

Fokus ke Bagian yang Rusak

Jika struktur rumah lama masih kuat maka , hanya dilakukan perbaikan pada bagian yang rusak saja.

Perkuat Pondasi

Jika diperlukan kekuatan tambahan maka dapat dibuatkan kolom dan pondasi tambahan pada bagian-bagian rumah yang membutuhkan perkuatan tambahan.

Setelah semua proses identifikasi rumah tua tersebut selesai, maka kegiatan renovasi rumah tua dapat dilaksanakan dengan baik. Demikianlah tips untuk renovasi rumah tua yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Sumber : https://www.pinhome.id/blog/merenovasi-rumah-tua/

Previous
« Prev Post