Desain yang Sukses Tidak Dilihat Hanya dari 1 Aspek Saja

Posted by Harga Sabun Saffron Asli on


👨‍🎓 Desainnya dimentokkin saja gpp tdk usah pake taman belakang (bc: sirkulasi), biar gak banyak kolom, mahal

👨‍🎓 Jangan ada balok gantung ya, baloknya dibuat nopang langsung di dinding saja biar gak mahal

👨‍🎓 Jendelanya tidak perlu diberi sosoran ya, mahal

-----------------

Sukses tidaknya desain tidak semata-mata hanya diukur dari 1 aspek saja.

Tentu bagi pebisnis properti, pertimbangan hanya dari 1 aspek saja ini tidak menarik untuk kontinuitas  bisnisnya kedepan. 

Mengapa? Karna berkaitan dengan label 😟

Jadi begini..

  1. Sangat eman, jika mencari margin profit hanya dari HPP bangunan saja, karna relatif kecil dibandingkan margin profit dari adanya value added pada bangunan.
  2. Aspek desain yang sukses tidak hanya dilihat dari hpp semata, namun banyak aspek yang harus dipenuhi, seperti: kelayakan huni, aspek kekokohan struktur, penghawaan dan pencahayaan, aspek sirkulasi pengguna bangunan, aspek view, dll.. ingat apalagi sekarang SLF makin diperhitungkan.
  3. Yang perlu dipahami bahwa, desain yang akan dibangunkan ini untuk manusia, mereka perlu mengeksplorasi hajatnya dan mengekspresikan naluriahnya.

Apa dampak reputasi dan label bagi pengembang bisnis properti? 😔 Jika bangunan hanya berorientasi hpp semata serta lupa akan siapa yang akan menghuninya nanti, jangan heran jika melekat dilabel sebagai pengembang yang propertinya:

  • Tidak sehat dan tidak nyaman
  • Tidak bisa mengakomodir kebiasaan
  • Dan yang paling ekstrem, "seperti pagupon" kata salah satu peserta property expo beberapa waktu silam 😅 merujuk pada salah satu brosur rumah

Semoga catatan ini bisa menggelitik wawasan kita bersama 🙏🤭


Degris Arsitek


Previous
« Prev Post