STOP! Jangan Copycat Desain untuk Konsep Hunian Anda | Arsitek Surabaya

Posted by Harga Sabun Saffron Asli on


Copycat desain mulai harus dihindari oleh developer yang ingin konsep huniannya kuat di value.

Copycat disini berbeda dengan menjadikan referensi sebagai inspirasi, karena bisa jadi market disisi selera suka dengan inspirasi dari style tertentu, semisal: vintage, industrial, skandinavia, dst.

Copycat yang dimaksud adalah seperti "memindahkan" suatu desain ke tempat lain.. "mak plek mak nyek" istilahnya, dengan mengabaikan berbagai aspek.

Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat copycat desain? 🤔

  1. Desain belum tentu cocok dengan iklim lingkungan dimana desain akan dibangun. Apa dampaknya? Tentu klo desain yang tidak adaptif terhadap daerah panas, tentu akan mengurangi kenyamanan thermal penghuninya.
  2. Desain belum tentu sesuai dengan perilaku penghuninya.
    Misal: konsep desain yang dicopycat-in dapurnya diarea depan sisi samping, namun ternyata persepsi market nyaman dengan dapur dibelakang, tentu jangan heran kalau nantinya sulit laku.
  3. Dengan copycat desain, tanpa memperhatikan aspek sosial dimana lokasi desain itu akan dibangun, dan dengan adanya desain tersebut justru malah menciptakan kesenjangan sosial melalui perantara desain.

So, konsepkan dengan hati desain hunian untuk market yang diinginkan, agar market yang diinginkan juga akan memberikan hati untuk membeli produk yang diberi. 🥰


Degris Arsitek


Previous
« Prev Post